Kamis, 08 September 2016

Faktor Penyebab Hipertensi Pada Seseorang



Faktor Penyebab Hipertensi Pada Seseorang
Ada banyak faktor yang memengaruhi tekanan darah pada seseorang, antara lain aktivitas kerja, waktu is­tirahat (tidur), stress, posisi tubuh, kondisi pernapasan, olahraga, dan makanan. Keadaan tekanan darah paling rendah ketika tidur dan tertinggl. ketika beraktivitas be­rat atau adanya stres. Perubahan tekanan darah yang di­pengaruhi oleh banyak faktor mengharuskan pengukuran yang berulang-ulang agar mendapatkan nilai yang tepat. Pengukuran sekali tidak dapat dijadikan landasan untuk menentukan kondisi seseorang. Penting diperhatikan, sebelum melakukan pengukuran tekanan darah, jangan beraktivitas yang di luar kebiasaan, seperti kerja lembur. Sehingga pengukuran terbaik, jika tubuh dalam kondisi cukup istira­hat, aktivitas seperti biasa, dan pola makan seperti kebiasaan sehari-hari. Hal ini juga menunjukkan tingkat kualitas kesehatan dari pola hidup yang telah kita jalani.
Gejala Terjadinya Hipertensi
  1. Sering pusing kepala
  2. Gampang marah
  3. Sulit tidur an sering gelisah
  4. Sesak napas
  5. Leher belakang sering kaku
  6. Gangguan penglihatan dan
  7. Sulit berkonsentrasi


Penyakit Hipertensi

Tindakan dan Pengobatan Penyakit Hipertensi
  • Jangan merokok dan mimum alkohol
  • Diet rendah garam dan rendah lemak
  • Latihak olahraga secara teratur (olahraga akan mengurangi stress, membantu menurunkan berat badan, membakar lebih banyak lemak darah, dan membuat jantung lebih kuat)
  • Istirahat bila tegang atau lelah, lakukan latihan penlemasan otot
  • Bila dokter member resep, minumlah obat secara teratur sesuai petunjuk dokter (jangan berhenti minum obat atas inisiatif sendiri)
  • Periksa ke dokter secara teratur untuk mengetahui apakah tekanan darah terkontrol engan baik, sehingga akan mencegah timbulnya komplikasi.
Anjuran Penggunaan Obat Hipertensi Menurut Resep Dokter
Penggunaan obat pasaran umumnya telah dicantumkan mengenai indikasi, kontraindikasi, dan dosis. Penggunaan dalam pengobatan penyakit-penyakit kronis walaupun telah dicantumkan mengenai dosis dalam label obat, perlu mendapatkan petunjuk dokter. Hal ini dilakukan karena tingkatan penyakit yang diderita serta kemungkinan komplikasi akibat penyakit kronis dapat berubah dan kadar obat yang tepat sangat penting agar menghasilkan pengaruh yang nyata. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari efek samping obat yang mungkin memberi dampak buruk terhadap komplikasi yang terjadi.
Hipertensi dapat dikendalikan dengan memahami faktor-faktor risiko dan pengendalian yang tepat agar tidak memicu munculnya penyakit ini. Kondisi-kondisi yang merupakan faktor risiko terjadinya meliputi faktor fisik, lingkungan dan pengaruh stress.

Sumber : http://www.caramedis.com/penyebab-dan-gejala-penyakit-hipertensi-yang-harus-anda-waspadai/#ixzz4JjZLybUC


Kunjungi Website Kami yang Lain



Kopi Miracle : http://kopimiracle.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar